Kode Perilaku Bisnis dan Etika

Kode Perilaku Bisnis dan Etika (COBCE) memberikan pedoman etika dan apa yang diharapkan dalam menjalankan bisnis atas nama Wipro Enterprises (P) Limited, anak perusahaan dan perusahaan asosiasi (“Entitas”). COBCE berlaku untuk semua karyawan dan anggota Direksi Perusahaan serta mereka yang memiliki hubungan bisnis dan kontrak kerjasama dengan Wipro. Hal ini juga berlaku bagi individu yang melayani Perusahaan berdasarkan kontrak, subkontrak, karyawan, konsultan atau dasar lainnya. Mereka semua diharapkan mematuhi dan tunduk pada ketentuan yang berlaku di Wipro.

COBCE ini sesuai dengan nilai-nilai semangat Wipro dan menjadi petunjuk arah. COBCE juga menjadi acuan sekaligus tujuan serta pondasi atas apa yang kita lakukan.


1. Komitmen kami terhadap integritas

Code of Business Conduct Wipro Unza merupakan landasan komitmen kami terhadap integritas. Dimanapun kami beroperasi, kami akan berusaha untuk memenuhi:
– Semua persyaratan hukum yang berlaku, dan
– Standar etika yang ditetapkan dalam Kode Etik ini

2. Karyawan

Di WIPRO UNZA kami berusaha untuk membangun tempat kerja yang aman, profesional, dan mendukung kerja sama tim dan kepercayaan. Setiap orang yang bekerja untuk WIPRO UNZA berkontribusi bagi keberhasilan kami dan untuk menciptakan sebuah perusahaan yang khas. Bekerja bersama-sama, memiliki bakat yang beragam dan perspektif, hal ini akan merangsang peluang baru dan kreatifitas untuk bisnis kami.

Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang tidak membedakan karyawan dan rekan bisnis atas dasar jenis kelamin, usia, ras, agama dan budaya.

Kami juga akan berusaha untuk bekerja dengan itikad baik dengan serikat pekerja dan badan-badan lain yang karyawan secara kolektif memilih untuk mewakili mereka dalam kerangka hukum yang tepat.

3. Mitra Bisnis

Di WIPRO UNZA, kami percaya bahwa hubungan bisnis yang didirikan pada kepercayaan dan keuntungan bersama, di mana kedua belah pihak mendapatkan keuntungan, sangat penting bagi keberhasilan kami. Kami akan berusaha untuk menciptakan keuntungan bersama dengan memahami kebutuhan pelanggan kami, kontraktor, pemasok dan usaha bersama dengan berlaku jujur, bertanggung jawab dan adil.

Keberhasilan kita secara internasional bergantung pada persaingan yang agresif, tetapi ketika kita bersaing, kita akan bersaing secara adil dan sepenuhnya mematuhi hukum.

3.1. Hadiah dan Hiburan

WIPRO UNZA memiliki kebijakan yang ketat tentang Pemberian Hadiah dan Hiburan; yang mengatur perilaku karyawan kami untuk semua situasi. WIPRO UNZA mengikuti kebijakan ketat yang mengatur badan hukum maupun personal. Dalam semua situasi bisnis, kode tersebut meminta pemberian dan menentukan nilai nominal untuk perdagangan tertentu dan acara pemberian hadiah terkait kebiasaan setempat.

Pemberian hadiah dan hiburan dapat membangun goodwill dalam hubungan bisnis, tetapi beberapa hadiah dan hiburan dapat menciptakan pengaruh buruk yang tidak diharapkan. Beberapa bahkan dapat dilihat sebagai suap yang menodai reputasi WIPRO UNZA untuk bersikap adil atau melanggar hukum.

3.2. Konflik kepentingan

WIPRO UNZA menghormati privasi karyawannya dan karena itu biasanya tidak tertarik pada perilaku pribadi di luar pekerjaan. Namun, ketika aktifitas pribadi, sosial, kegiatan keuangan atau politik karyawan memiliki potensi mengganggu loyalitas karyawan dan objektivitas terhadap Grup, benturan kepentingan mungkin ada yang harus diselesaikan dengan adil dan baik. Konflik yang sebenarnya harus dihindari, bahkan munculnya konflik kepentingan bisa memiliki potensi yang berbahaya.

Konflik kepentingan dapat timbul dalam berbagai cara. Berikut adalah contoh dari beberapa yang umum. Pekerjaan di luar dan afiliasi dapat menimbulkan konflik kepentingan:

  • – Memiliki pekerjaan kedua
  • – Pekerjaan lain sebagai direktur atau konsultan
  • – Memegang kepentingan keuangan (baik secara langsung atau melalui pasangan atau kerabat dekat)

Apapun di atas yang berkaitan dengan sebuah organisasi yang merupakan pesaing, pelanggan atau pemasok barang dan jasa untuk WIPRO UNZA, dapat menimbulkan konflik kepentingan, atau munculnya konflik kepentingan.

3.3. Pencucian uang

Pencucian Uang adalah proses dimana individu atau entitas mencoba untuk menyembunyikan dana gelap, atau menyediakan dana tersebut terlihat sah.

WIPRO UNZA tidak akan membenarkan, memfasilitasi, atau mendukung pencucian uang.

4. Aset Perusahaan & Integritas keuangan

Kami memiliki tanggung jawab serta kewajiban hukum untuk melindungi fisik, kekayaan intelektual dan aset keuangan WIPRO UNZA. Kami akan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku (termasuk GAAP) di setiap wilayah hukum di mana kami beroperasi. Kami akan berterus terang & transparan tentang operasi dan kinerja kita, akurat dalam pencatatan dan pelaporan data dan hasil dan berhati-hati dalam penggunaan aset dan sumber daya kami.

Dokumen dan catatan harus disimpan sesuai dengan hukum.

5. Pemerintah, rekan bisnis dan masyarakat

Tujuan WIPRO UNZA adalah bahwa di negara dan komunitas tempat kita beroperasi harus mendapatkan keuntungan dari kehadiran kita, melalui kekayaan dan pekerjaan yang diciptakan, keterampilan yang dikembangkan dalam populasi lokal dan investasi pada waktu dan uang untuk manusia. Kami akan bekerja menuju perbaikan yang terukur dan berkontribusi pada pertumbuhan masyarakat yang nyata dan mandiri di tempat kami beroperasi.

Kami tidak akan terlibat dalam penyuapan atau korupsi dalam bentuk apapun. Korupsi adalah musuh pembangunan dan kemajuan manusia, dan kami berkomitmen untuk transparansi dalam semua urusan bisnis kami.

Kami akan terlibat secara konstruktif dengan semua pemerintah yang dalam yurisdiksi kami beroperasi. Perusahaan tidak akan berpartisipasi dalam kegiatan politik, dan tidak akan membuat kontribusi politik di negara manapun.

6. Eksternal Komunikasi – investor, analis & media

Komunikasi eksternal dengan khalayak ini membutuhkan pertimbangan yang cermat dan membutuhkan pemahaman yang unik tentang masalah hukum dan media. Hanya karyawan yang diberi wewenang khusus untuk melakukannya yang boleh menanggapi pertanyaan dari anggota komunitas investasi (misalnya pemegang saham, pialang, analis investasi, media, dll.).

7. Kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan (HSE)

WIPRO UNZA berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dan terjamin bagi setiap karyawan WIPRO UNZA dan karyawan perusahaan lain yang bekerja di lokasi kita, di mana orang tidak ada yang menghadapi risiko yang tidak perlu.

Kami menyadari bahwa operasi yang aman tidak hanya bergantung pada pabrik dan peralatan yang baik, tetapi juga pada orang yang kompeten dan budaya HSE yang aktif.

Mematuhi aturan keselamatan saja tidak cukup. Komitmen WIPRO UNZA terhadap keselamatan berarti kita masing-masing perlu waspada terhadap risiko keselamatan saat kita melakukan pekerjaan.

Di mana pun kami beroperasi, kami akan berusaha untuk meminimalkan kerusakan lingkungan yang timbul dari aktivitas kami.

Ketahui lebih lanjut tentang COBCE